LINTAS SULAWESI
Hiburan

Tak Berijin, Klenegan Dibubarkan

Tak Berijin, Klenegan Dibubarkan

klenegan yang dibubarkan di Celep ,kec Kedawung, Sragen

Lintassulawesi.com.Sragen–– Seni karawitan yang acapkali di peruntukkan untuk mengiringi upacara pernikahan, sudah menjadi tradisi umum bagi masyarakat jawa. Apalagi irama gendhing  bernafaskan “Gendhing Klasik”, tentu akan membuat suasana pahargyan menjadi sejuk dan penuh kedamaian.

 Namun demikian, berbeda dengan yang dialami Mulyono warga Desa Celep RT.20 Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen. Gara – gara nanggap klenengan  tanpa seijin dari pihak berwajib, akhirnya klenengan itu dibubarkan paksa oleh Polsek Kedawung

 Dia hanya pasrah atas kejadian itu, serta mohon maaf kepada para tamu undangan. Menurut informasi yang diperoleh Radar Pos. com dilokasi kejadian menyebutkan.

 Hari Sabtu malam Minggu (12/9), Mulyono punya hajad mantu menikahkan putrinya. Mengikuti adat yang telah berlaku, acaranya dibuat dua seksi. Untuk seksi pertama (siang hari), digelar acara resepsi, lantas dilanjut malam harinya digelar tasyakuran.

Dalam tasyakuran itu juga dihadiri banyak tamu termasuk tamu dari luar daerah yakni rombongan pecinta seni. Oleh among rawuh, mereka dipersilakan duduk di deretan kursi depan menghadap panggung hiburan.

Mengetahui  tamu itu pecinta seni, MC lantas memberi kesempatan kepada mereka untuk menyanyi. Nah, selesai menyanyi, tiba-tiba kedatangan lagi tamu dari Polsek Kedawung. Salah seorang tamu langsung memegang mic mengimbau kepada tuan rumah serta tamu yang hadir agar saat ini juga klenengan harus dihentikan atau bubaran, karena situasi pandemi covid-19 belum reda masih dalam level tiga.

Disamping itu hiburan ini ternyata tanpa memiliki surat ijin.
Menurut Suwondo selaku Kadus Celep, menyayangkan adanya kejadian seperti ini. Sejak awal saya sudah memperingatkan bahwa pukul 23.00 klenengan harus sudah dihentikan, eee… ternyata masih nekat melayani penggemar seni, ya sudah, resiko ditanggung sendiri, ujarnya.

 (Eddy Suparmanto).
 

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-8551527721222213" data-ad-slot="4052704817">

Related posts

Halau Covid-19, Rumah Makan Tepi Sawah Batasi Jam Operasional

Puisi: Sudahlah Kawan

Meski Ketum IKA Ingkar Janji, Launching Band SMANSA Smart 82 Tetap Meriah