LINTAS SULAWESI
Opini

Sorak Sorai Meriah Warga Papua Saat Sambutan Jokowi pada Pembukaan PON XX

Sorak Sorai Meriah Warga Papua Saat Sambutan Jokowi pada Pembukaan PON XX

Lintassulawesi.com, Jayapura – Banyak yang bisa ditulis terkait peristiwa akbar 2 Oktober 2021 di Jayapura. Peristiwa Jokowi membuka Pesta Akbar PON XX, bagi saya ada hal penting yang perlu diangkat dari seluruh isi sambutan Presiden Ketujuh RI ini.

Membahana ke seluruh dunia pekik sorai kegembiraan orang nomor satu Republik Indonesia melalui gema dua huruf “W” dan “A” yang dirangkai dengan satu lafal “WA.. WA… WA” mengawali Sambutan Pada Pembukaan PON XX di Kampung Harapan Kabupaten Jayapura Provinsi Papua, Sabtu 2 Oktober 2021 kemarin.

Jokowi Sang Presiden mengetahui dengan pasti akar budaya Papua dan berangkat dari kondisi budaya membangun Papua.

Membahana sorak sorai “WA… WA… WA…” adalah filosofi suku-suku di pegunungan tengah Provinsi Papua memaknai kegembiraan atas sebuah keberhasilan perang yang digapai melalui perjuangan panjang melawan suku-suku lain sebagai wujud “Kepatriotan dan Keheroik-kan” para pejuang perang melawan musuh.

WA… WA… WA… mengawali Sambutan Presiden RI Joko Widodo menandakan keheroikan dalam mengikis keterbelakangan kami di Papua dalam berbagai hal.

WA… WA… WA… Menunjukkan kemerdekaan melawan kebodohan, kemelaratan akibat salah urus kaum pengambil kebijakan selama ini bagi Papua penyumbang pajak terbesar terhadap pendapatan negara yang diabaikan pembangunan manusia dan infra struktur dari presiden ke presiden.

WA… WA… WA… Adalah pekikkan sorak sorai keberhasilan Presiden Jokowi atas ribuan manusia Papua yang mengenyam pendidikan dalam dan luar begeri sebagai modal mengoptimalkan sumber daya alam bagi kesejahteraan Papua kini dan nanti.

WA…WA…WA… Sebuah peristiwa monumental pertama kali PON dilaksakana di Papua selama 7 Presiden memimpin negeri 17 belasan ribu pulau dari Sabang sampai Merauke.

WA… WA… WA… Adalah Stadion Lukas Enenbe dan Jembatan Layang Teluk Yotefa menjadi saksi sejarah, bahwa Jokowi telah mengambil hati rakyat Papua dengan berangkat dari kultur manusianya.

WA… WA…WA… Menjadi Tonggak Kemenangan memanusiawikan manusia Papua yang multi etnis dialami dan dirasakan sebagai sebuah kemerdekaan dari ketertinggalan. Bukti itu kini Stadion Lukas Enenbe di Kampung Harapan merupakan Stadion Termewah di Asia dan Pasifik dinikmati kami semua di Papua.

WA… WA… WA… Nurani kemanusiawian kami di Papua patut bersyukur dan berterima kasih, karena Jokowi, Kami menjadi tuan rumah PON yang termewah dan termegah sepanjang sejarah PON di Indonesia, bahkan kedamaian dan kenyamanan dialami seluruh kontingen dari semua provinsi, jauh dari isu-isu miring yang selama ini dihenduskan.

WA… WA… WA… Papua Damai, Aman, Nyaman Bagi Indonesia dan Utuh dalam Ke-Indonesiaan kami.

Penulis: Marcel Kalkoy

The post Sorak Sorai Meriah Warga Papua Saat Sambutan Jokowi pada Pembukaan PON XX appeared first on Simpul Rakyat.

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-8551527721222213" data-ad-slot="4052704817">

Related posts

Lima Tips Membuat Kegiatan Belajar di Rumah Menjadi Lebih Efektif

Berikut Deretan Teknologi yang Makin Populer Selama Pandemi

Waktu Adalah Amal Saleh