LINTAS SULAWESI
NASIONAL

SMK Budi Luhur Tebo Gelar Workshop Penyusunan Program Kerja Bersama PT Sinar Sentosa Primata

SMK Budi Luhur Tebo Gelar Workshop Penyusunan Program Kerja Bersama PT Sinar Sentosa Primata

Lintassulawesi.com, Tebo- SMK Budi Luhur Tebo Gelar Workshop Penyusunan Program Kerja bersama  Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), Senin (04/10/2021). Acara ini menghadirkan pemateri dari : 

1. Dinas Provinsi Jambi yang diwakili oleh Koordinator pengawas SMK Kabupaten Tebo, Drs. Ismail, M.Pd, dengan materi Kebijakan Dinas Pendidikan/Direktorat SMK tentang Link And Match SMK dengan DUDI.
2. Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Tenaga Kerja yang dihadiri oleh Ibu Astuti Harahap, SP materi Kebijakan dari Dinas Ketenagakerjaan dalam pembinaan penempatan lulusan SMK.
3. General Manager PT Sinar Sentosa Primatama Bapak Erwin Susanto menyampaikan Daya tampung siswa magang dan alumni di DUDI mitra SMK Budi Luhur.

Dalam sambutannya Kepala SMK Budi Luhur, Eka Purwaningsih, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bertujuan mendengarkan kebijakan-kebijakan dari Dinas Pendidikan, Disperindagnaker dan juga daya tampung PT. Sinar Sentosa Primatama Jambi, Sehingga setelah mengetahui bagaimana kebijakan tersebut SMK Budi Luhur dapat menyusun program kerja bersama Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) Mitra (PT Sinar Sentosa Primata)  tindaklanjut dari Kerjasama yang telah terjalin.
Project Based Learning (Pembelajaran berbasis proyek) yang menjadi target program ini, tuturnya. Dari pembelajaran tersebut diharapkan memilik dampak nyata terhadap kemajuan sekolah.
Dalam materi yang disampaikan Drs. Ismail, M.Pd, perlu adanya Link And Match antara SMK dengan DUDI. Agar adanya keterkaitan/kesinkronan antara kebutuhan tenaga kerja DUDI dengan Lulusan yang dicetak oleh SMK. Sehingga lulusan SMK banyak diserap oleh DUDI Rekanan. Terangnya
Kebijakan dari kementrian Pendidikan adanya Link and Match antara DUDI dengan SMK adanya pemadanan/ penyelarasan kurikulum, proses belajar mengajar yang sesuai dengan DUDI, pemenuhan sarana dan prasarana berstandar DUDI, mendatangkan guru tamu dari DUDI dan memagangkan guru agar guru bersertifikat.
Kebijakan dari Disperindagnaker sudah ada yang mengatur tentang penyaluran lulusan SMK ke Dunia usaha atau dunia insutri yaitu pelaksanaan Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK. Kami dari disperindagnaker memfasilitasi SMK yang akan melaksanakan pemasaran alumni dengan Bursa kerja khusus (BKK) tutur Bu Tutik. 
Alhamdulillah SMK Budi luhur sudah bekerjasama dengan PT Sinar Sentosa Primata berjalan 8 tahun, mulai tahun 2013. Kami (Honda) diberikan amanat langsung oleh Presiden untuk membina SMK se Indonesia. Jadi sejak ditunjuk saat itu telah ada Link and Match antara SMK Budi Luhur dengan Honda salah satunya penyelarasan kurikulum Jelas pak Erwin selaku GM PT. Sinar Sentosa Primatama yang kantornya di Sipin Prov Jambi.
Di Kabupaten Tebo sendiri saya membina 5 SMK, salah satunya Budi Luhur ini. Seluruh AHASS yang ada di Kabupaten Tebo dan Bungo, ini adalah Dunia Industri kami. Ada 7 AHASS Tebo, Rimbo bujang dan Bungo siap menampung siswa magang dari SMK Binaan kami. Setiap AHASS mampu menampung 2-3 siswa sebagai mekanik, tegas Erwin.
Kami (PT Sinar Sentosa Primatama) juga menampung Alumni dari SMK Binaan sebagai contoh, staf saya ini Edi Yunus dari SMK N 3 Kota Jambi, Fadli dari SMK Praskab Kota Jambi. Yang pastinya melalui seleksi sesuai standar kebutuhan perusahaan, tambahnya. (Ade)
style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-8551527721222213" data-ad-slot="4052704817">

Related posts

Masuk Kantor, ASN Luwu Wajib Perlihatkan Hasil Swab Antigen

Terbukti Kinerjanya, Sejumlah Tokoh Siap Dukung Kembali Saidih Davit

Dor..! Polisi Kirim ke Akhirat Narapidana Narkoba Yang Kabur Dari Rutan