LINTAS SULAWESI
Berita Headline KESEHATAN OLAHRAGA Tips

Simak! Ini Empat Pilihan Olahraga Terbaik untuk Peningkatan Fungsi Pernapasan

Simak! Ini Empat Pilihan Olahraga Terbaik untuk Peningkatan Fungsi Pernapasan

Lintassulawesi.com, Tips – Banyak orang Indonesia mengeluhkan masalah pernapasan yang pendek, apalagi mereka yang menderita masalah seperti asma, bronkitis kronis ataupun kelainan pada otot dada.

Biasanya orang yang mengalami masalah tersebut menghindari melakukan berbagai aktivitas berat apalagi olahraga karena napas akan semakin sesak.

Padahal ada beberapa olahraga yang justru akan memperbaiki fungsi dari pernapasan. Sehingga paru-paru lebih sehat dan nafas akan lebih baik dari pada sebelumnya.

Penasaran apa saja olahraga tersebut?

Bagi penderita asma ataupun yang lainnya, lebih baik konsultasikan kepada dokter ahli terlebih dahulu sebelum olahraga.

Meskipun beberapa jenis olahraga ini terhitung aman dilakukan namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apapun itu yang paling penting lakukan sebisanya jangan terlalu memaksa.

Berikut ini ada beberapa pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan yaitu:

1. Yoga

Ini merupakan aktivitas fisik yang banyak membutuhkan kapasitas jantung dan pembuluh darah. Tetapi olahraga ini melibatkan antara teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan sampai dengan kelenturan tubuh.

2. Jalan kaki

Termasuk jenis olahraga simpel dan mudah dilakukan, lebih baik lagi ketika dilakukan pada pagi hari. Olahraga ini baik untuk meningkatkan pernafasan, mungkin pertama kali akan terasa sulit namun lama-kelamaan akan mudah dan bisa membangun kapasitas bernapas Anda.

3. Berenang

Bisa dikatakan semua aktivitas dalam air itu baik untuk meningkatkan pernafasan, baik itu berenang ataupun senam aerobik. Bahkan dari penelitian yang sudah dilakukan berenang akan memperbaiki pernapasan lebih baik dari pada berlari.

4. Pilates

Hampir sama dengan yoga, pilates mempunyai fungsi yang baik untuk melatih dan memperkuat otot pernafasan Anda. Ada beberapa gerakan pada olahraga ini yang mampu membuat paru semakin kuat.

Selain melakukan olahraga ringan secara rutin, Anda bisa melakukan olah pernafasan untuk memperkuat kondisi paru-paru.

Ini sangat baik ketika dilakukan pada pagi hari dengan udara sejuk, 3 sampai dengan 4 kali latihan dalam satu hari saja akan memberikan peningkatan pada kemampuan pernapasan Anda.

Nah, bagaimana masih tidak percaya ada olahraga yang aman bagi mereka penderita paru-paru?

Penulis: Ahmad
Editor: Ahmad

The post Simak! Ini Empat Pilihan Olahraga Terbaik untuk Peningkatan Fungsi Pernapasan appeared first on Simpul Rakyat.

Related posts

Cegah Covid-19, Koramil 1408-07/Ujung Pandang Menggelar Vaksinasi di Mall Karebosi Link

Bhabinkamtibmas Rajagaluh Himbau Warga Terkait Prokes dan Vaksinasi

Lagi, Seorang Palestina Tewas di Tangan Pasukan Israel

error: Mauki Apa Ces