LINTAS SULAWESI
› Mubes 4 PMTI

Sempat Tertunda Karena Pandemi, PMTI Akhirnya Gelar Mubes 4

Mubes IV PMTI

Lintassulawesi.com, Jakarta – Menyikapi struktur pengurus yang telah selesai masa kepengurusannya, Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) menggelar musyawarah besar (mubes) keempat di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu, 2 Oktober 2021.

Diketahui, mubes PMTI dilaksanakan setiap lima tahun bermaksud untuk masyarakat Toraja se-Indonesia dalam rangka memilih ‘kepala suku/Ketua umum’ yang baru.

Informasi yang dihimpun redaksi dari berbagai sumber untuk sementara ada empat kandidat ketum yakni, Mayor Jenderal (Mayjen) Purnawirawan Dr Andarias Pong Bija MM MMin, Mayjen Tentara Nasional Indonesia (TNI) Yulius Selvanus Lumba, Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Dharma Pongrekun, dan Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Purnawirawan Mathius Salempang.

Dalam surat undangan yang diterima redaksi Lintassulawesi.com dari Sekjen PMTI David Payung via whatsapp, mubes IV PMTI akan digelar dengan tetap mengikuti aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dikeluarkan oleh pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Teknis musyawarah dilakukan secara Hybrid yaitu metode onsite dan online. Sebagian peserta berada dalam lokasi acara dan sebagian lagi mengikuti melalui platform Zoom.

Persyaratan untuk peserta offline, mereka harus sudah divaksin dua kali. Mereka juga diwajibkan menunjukkan hasil tes usap polymerase chain reaction (PCR) dan melakukan tes usap antigen di lokasi kegiatan.

Untuk diwartakan, mubes IV PMTI yang seharusnya dilakukan pada tahun 2020 ini terpaksa harus diundur hingga 2021 karena pandemi Covid-19.

Mubes IV PMTI akan membahas laporan pertanggungjawaban pengurus pusat, perubahan anggaran dasar dan rumah tangga, menetapkan arah strategi kebijakan organisasi, serta memilih ketum dan sekretaris jenderal (sekjen) PMTI.

Mubes IV PMTI ini diikuti sekitar 60 organisasi masyarakat (Ormas) Toraja. Jumlah ini terdiri dari 26 organisasi ormas tingkat provinsi dan 34 ormas tingkat daerah yang berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, serta Bekasi (Jabodetabek).

Mubes ini juga dihadiri pemerintah daerah (pemda), tokoh masyarakat dari Toraja sebagai bentuk dukungan kepada PMTI.

Pelaksanaan Mubes juga disiarkan Live dari kanal youtube pengurus pusat PMTI dapat diakses melalui https:/Whatsape/mlwNEdIYD5Y

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-8551527721222213" data-ad-slot="4052704817">