LINTAS SULAWESI
Riau Terkini

PT.ACS Sikat Habis Limbah Yang Ditinggalkan PT. CPI di Dusun Pematang Ada Apa Ya ..?


Rohil l Lintas sulawesi.Com

Setelah 2 Tahun lebih lamanya Limbah B3 Chating semen dan tanah Bercampur minyak Milik (PT. ACS) rekanan dari (PT CPI) sedangkan lokasi itu sangant berdampingan dengan pemukiman warga di RT 015 RW 005 Dusun pematang Binjai kepenghuluan Pematang Ibul kecamatan Bangko Pusako Rokan Hilir (Rohil)

Pada akhirnya secara mendadak pada hari kamis 30/09/2021 diangkat (dibaersihkan) oleh PT Asrindo Citraseni Satria (PT.ACS) setelah ada Pemberitaan di sejumlah media online sebelumnya.

Diketahui dampak dari limbah tersebut jika hujan Sumur warga sekitar sangat tercemar.(berminyak) menurur penjelasan dari salah satu warga, mengatakan, sudah 2 tahun kurang lebih lamanya Limbah (PT ACS) ini tidak diangkat, dan yang anehnya lagi pihak DLH rohil tidak memberikan teguran melainkan jawaban kabiddan kasi limbah tersebut hanyalah limbah biasa dan tidak berdampak, baik bagi kesehatan lingkungan, sedangkan sebelumnya sudah di katagorikan Limbah B3 Chating semen dan tanah Bercampur minyak, terang Kasi bidang hukum Carlos Losan ST.

Awalnya Sempat dibantah bahwa limbah tersebut Bukan milik (PT ACS) oleh Harianto melalui Hermanto sebagai humas Di area kerja (Mess dimaksud),  Namun setelah ditindak lanjuti DLH Rohil seusai diberitakan oleh Sejumlah media masa, Mereka terkesan tergesa gesa mengangkat limbah tersebut Tanpa disaksikan oleh pihak DLH Rohil yang menurut pihak DLH  hanya pemberitahuan melalui telrpon Selulernya saja.

“saya tidak tau limbah tersebut diangkat itu seharusnya Ada surat keputusan pengangkatan limbah tersebut dan disaksikan oleh DLH Rohil” jelas kadis pada Jumat pagi saat dilakukan konfirmasi oleh salahseorang oknum wartawan.

“pada hari Jumat 01/10/2021 kami diundang rapat ke Pekanbaru belum ada hasil putusan kok sudah diangkat limbah itu'”  Tutup Suwandi S Sos selaku kepala dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Rokan Hilir.

Kemudia mereka juga menjelaskan “kami ke Pekanbaru Bukan rapat terkait ini bang melainkan rapat Masalah agenda lain di provinsi”  Jelas Dayat Selaku kabid Penindakan Sambil menunjukan Hp memberitahu undangan tersebut.

Sementara Dari Pihak PT Asrindo Citraseni Satria (PT ACS) yang mewakili, Ramses Tindaon sebagai Kepala Operasional Rig Banko Balam Saat dilakukan konfirmasi Menolak untuk diwawancarai wartawan berdalih, Bukan menjadi bagiannya untuk di wawancarai terkait hal ini ” Maaf BG saya tidak mau di wawancarai ini bukan bagian saya melainkan bagian humas yang disini untuk mewakili (PT ACS) di Rokan hilir Tutupnya.

Keputusan kadis DLH Rokan Hilir berbanding terbalik setelah Sudah diangkat limbah tersebut saat di konfirmasi menjelaskan,” itu bukan limbah B3 bang” jelas Muhamad Nurhidayat, SH Selaku kabid penindakan DLH dan Carlos Roshan,ST selaku Kasi Penegakan Hukum DLH Pada Sabtu 02/10/2021.

Tempat terpisah ketika di konfirmasi Kadis DLH Rohil Suwadi S Sos mengatakan melalui pesan WhatsApp nya

1.    Perihal “Pengangkatan limbah tersebut terkesan tergesa gesa mengangkat Tanpa disaksikan oleh pihak DLH kabupaten Rokan Hilir”. Tanggapan DLH Rohil: Pihak SKK Migas Sumbagut setelah menerima surat permohonan bantuan pembersihan dari DLH Rohil segera memerintahkan PT. ACS utk mengangkat Limbah tsb. Kemudian pihak SKK Migas Sumbagut menginformasikan kepada DLH Rohil melalui Kasi Penegakan Hukum DLH Rohil bahwa dalam waktu dekat PT. ACS akan segera melakukan pembersihan namun belum dipastikan tanggal pengangkatan limbah tsb. Namun karena belum ada tanggal pasti pengangkatan limbah tsb, Kasi Penegakan Hukum DLH Rohil belum melaporkan kepada Kadis DLH Rohil. Pihak DLH Rohil mengetahui Limbah tsb sdh diangkat oleh PT. ACS berdasarkan laporan dari masyarakat. Jadi dalam hal ini, pihak DLH Rohil dan SKK Migas Sumbagut kecolongan karena tidak diinformasikan oleh PT. ACS mengenai jadwal pengangkatan limbah tsb;
2.    Berdasarkan tabel  1. Daftar Limbah B3 Dari Sumber Tidak Spesifik yang terdapat pada Lampiran IX Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Cutting Semen tidak termasuk ke dalam Limbah B3.  Memang selain cutting semen sebanyak ±30 M3 Cutting, terdapat juga tanah terkontaminasi minyak sekitar ±0,5 M3, namun belum diketahui apakah tanah terkontaminasi minyak tersebut termasuk Limbah B3 atau tidak karena harus dilakukan uji laboratorium terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Kadar Petroleum Hydrocarbon yang terdapat pada cutting semen tersebut sudah melebihi baku mutu atau tidak;

3.    Perihal “DLH tidak memberikan teguran melainkan jawaban limbah tersebut hanyalah limbah biasa dan tidak berdampak, baik kesehatan dan lingkungan”. Tanggapan DLH Rohil: DLH Rohil bukan tidak memberikan teguran, namun untuk menyelamatkan manusia dan lingkungan, maka DLH Rohil bergerak cepat dengan memohon bantuan pembersihan limbah kepada SKK Migas Sumbagut. Mengenai teguran kepada pihak PT. ACS dan/atau kepada PT. CPI akan segera kami lakukan dalam waktu dekat ini.
Dan diakhiri Sangsi nya sdg kmi siapkan pak terang SUWANDI S Sos. ( taufik/ rls)

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-8551527721222213" data-ad-slot="4052704817">

Related posts

Kapolsek Rimba Melintang Monitor Pelaksanaan Vaksin di Puskesmas. .

Siang Malam Polsek Bagan Sinembah dan Team Melaksanakan Giat Penyekatan di Perbatasan Riau – Sumut.

Organisasi ( HMI ) Tiga Hari Lakukan Manajemen Aksi Perkaderan LK 1