LINTAS SULAWESI
Berita

Pendidikan Moral Padanglampe UMI Menginspirasi IAIN Ternate, Kini Berkunjung ke Makassar

lintassulawesi.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate melakukan kunjungan silaturahim ke Universitas Muslim Indonesia (UMI), Kamis (10/12/2020).

Rombongan IAIN Ternate yang dipimpin oleh Direktur Ma’had Al Jamiah IAIN Ternate, Muhammad Amir Lc, M.Thi disambut oleh Rektor UMI, Prof Basri Modding S.E, M.Si di Ruang Rapat Senat lantai 10 Menara UMI, Jalan Urip Sumohardjo.

Dalam kesempatan itu, Prof Basri Modding didampingi oleh Wakil Rektor I Dr. Ir Hanafi Ashad S.T, M.T, IPM, WR II Prof. Dr. Salim Basalamah S.E, M.Si dan WR IV Dr. KH Zain Irwanto MA.

Prof Basri Modding menyambut baik kedatangan rombongan Ma’had Al Jamiah IAIN Ternate di kampus UMI. Menurutnya, UMI dengan Maluku Utara, khususnya Kota Ternate memiliki hubungan yang cukup erat. “Selamat datang untuk keluarga kita IAIN Ternate, UMI telah menjadikan Ternate sebagai sub sistem dalam penyelenggaraan pendidikan di UMI,” ungkap Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMI itu.

Salah satunya lewat alumni. Kebetulan banyak alumni UMI menjadi pejabat eksekutif mulai dari Wali Kota yang lalu dan Walikota sekarang, bahkan Wakil Gubernur Maluku Utara itu adalah alumni UMI.

Kunjungan IAIN Ternate ke UMI adalah ingin mengenal lebih dalam terkait pendidikan moral berupa pencerahan qalbu di Pesantren Unggulan Darul Mukhlisin UMI Padanglampe.

“Di Pesantren itu ada dua poin utamannya yakni pengembangan karakter moral bagaimana memiiki etika dan perbuatan yang baik sebagai insan UMI. Kemudian karakter kerja dimana mendorong civitas akademika UMI bekerja ulet, tangguh, dan tidak mudah menyerah,” bebernya.

Sementara itu, Direktur Ma’had Al Jamiah IAIN Ternate, Muhammad Amir Lc, M.Thi mengungkapkan, salah satu problem yang ada di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTKIN) yakni ciri khas keislamannya.

“Kami dari PTKIN untuk melihat bahwa Ma’had Darul Mukhlisin UMI cukup besar bahkan terkenal di luar sebagai basis pendidikan Islam. Kami mendengar nama besarnya Darul Mukhlisin UMI Padanglampe semoga kami bisa belajar banyak dengan apa yang dicapai di Universitas Muslim Indonesia,” tuturnya. 

Sumber : https://rakyatsulsel.co/2020/12/10/pendidikan-moral-padanglampe-umi-menginspirasi-iain-ternate-kini-berkunjung-ke-makassar/

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-8551527721222213" data-ad-slot="4052704817">

Related posts

Cegah KKN, Pemkab Luwu Gandeng Bank Sulselbar Luncurkan Aplikasi Simpada

Gubernur Sulsel Resmikan Anjungan Wisata Sungai Mata Allo Enrekang Senilai Rp 13,8 M

Plt Gubernur Sulsel Sebut Pembangunan yang Paling Kuat Adalah SDM