LINTAS SULAWESI
Berita Daerah Kabar Luwu Timur KESEHATAN PENDIDIKAN

Pelajar 98 Persen Sudah Vaksinasi, SMKN 2 Lutim Laksanakan PTMT

Pelajar 98 Persen Sudah Vaksinasi, SMKN 2 Lutim Laksanakan PTMT

Lintassulawesi.com, Luwu Timur – Sebanyak 840 Siswa sudah vaksinasi, guna mendukung proses pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) untuk melindungi para peserta didik dan keluarga dari Covid-19.

Sehingga dengan adanya kegiatan vaksinasi ini juga diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi orang tua guna mengijinkan putra-putri mereka kembali ke sekolahnya, bertatap muka dengan guru dan teman kelasnya.

“Dari 867 siswa yang ada, sudah ada sekitar 98 % siswa kami sudah selesai vaksinasi, sisanya yang belum divaksin adalah karena penyakit bawaan dan faktor orang tuanya tidak setuju, ini tidak bisa dipaksakan,” ungkap Mulyama Tanjung Kepala Sekolah SMKN 2 Lutim saat ditemui awak media Lintassulawesi.com, di ruang kerjanya jalan Sintuwu Raya, Desa Beringin Jaya, Kecamatan Tomoni, Selasa (23/11/2021) kemarin.

Mulyama Tanjung yang akrab disapa Pak Mul menambahkan, kalau capaian ini tidak lain karena pihak Dewan guru memberikan contoh kepada siswa, bahwa kami sudah divaksin dan tidak terjadi dampak seperti hoax yang ramai diberitakan.

“Simpelnya, guru dulu yang memberikan contoh, guru disini semua sudah divaksin, dan Alhamdulillah tidak ada guru mengalami gangguan kesehatan setelah divaksin,” ungkap Mul.

Mul menginformasikan, untuk mengetahui berapa jumlah siswa yang sudah divaksin, setiap Minggu pihaknya lakukan pengecekan, agar supaya proses PTMT ini tidak menjadi kluster baru penyebaran Covid-19.

“Terkait kegiatan PTMT di sekolah, pihaknya lakukan satu sesi saja dengan kehadiran seratus persen siswa kelas X dan XI, karena siswa Kelas XII mereka sedang magang, jadi ruang kelasnya tetap dimanfaatkan untuk siswa, jadi dalam kelas itu hanya diikuti 75 persen siswa saja karena sudah dibagi,” tutur Mul.

Selanjutnya Mul menjelaskan, kalau selama pelaksanaan PTMT ini siswa hanya melakukan pembelajaran outdoor, tidak dalam kelas, karena siswa belajar hanya 3 jam pelajaran saja perharinya, kalau pun ada dalam ruangan paling dalam ruangan Laboratorium. Dan laboratorium kami sudah sesuai standar protokol kesehatan diantaranya, siswa wajib pakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak

“Kami lebih banyak melakukan praktek langsung, dan sekolah ini luas jadi mereka tidak berkerumun,” jelas Mul.

Masih Mul mengemukakan, salah satu pertimbangan kami adalah juga karena domisili siswa itu jauh dari lokasi sekolah ini berada. Kalau ini dibuat menjadi dua sesi maka bagaimana dengan siswa yang tinggal di daerah yang jauh.

“Sekarang kondisi cuaca lagi tidak menentu, siang atau sore sudah hujan, hujan lebih awal turun di daerah Utara kecamatan Tomoni, sementra 30 persen siswa banyak dari wilayah Utara,” ungkap Mul.

Saat awak media melakukan pemantauan di lapangan, proses PTMT berjalan lancar dan kondusif, tempat cuci tangan tersedia di pintu masuk sekolah sebelum masuk di kelas siswa diperiksa suhu tubuhnya, wajib pakai masker di ruang kelas siswa jaga jarak.

Indri salah satu siswi kelas XI saat ditemui media Lintassulawesi.com, ia mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan PTMT yang dilaksankan di sekolahnya, Indri mengakui lebih bisa memahami pelajaran secara offline ketimbang online.

Mul menginformasikan tahun depan jika mendapatkan izin dari Dinas Pendidikan Sulsel, maka pihaknya akan melaksanakan PTMT 100 persen.

“Hal ini melihat kondisi selama PTMT dilaksanakan, jumlah kehadiran peserta didik tidak pernah mencukupi, para siswa sudah berada pada zona nyaman, tidak ingin masuk sekolah, karena ada diantara siswa lebih nyaman belajar online,” ucapnya.

Pewarta : Nasution
Editor : Nasution

The post Pelajar 98 Persen Sudah Vaksinasi, SMKN 2 Lutim Laksanakan PTMT appeared first on Simpul Rakyat.

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-8551527721222213" data-ad-slot="4052704817">

Related posts

Di Pangkep, Rapsel Ali Dukung Sinergi BUMN dan Pemda Bangun Daerah

Lapas Kotaagung Dan SUPM Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar, Terhadap Warga Binaan

Empat Tips Olahraga yang Aman dan Wajib Diperhatikan Selama Pandemi