LINTAS SULAWESI
Berita Daerah EKOBIS Headline Kabar Jeneponto

Kejari Ajak Para Babinsa Kawal Penggunaan Dana Desa di Jeneponto

Kejari Ajak Para Babinsa Kawal Penggunaan Dana Desa di Jeneponto

Lintassulawesi.com, Jeneponto – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jeneponto, Susanto Gani meminta para Babinsa mengawal penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang cukup besar di Jeneponto ini demi kemakmuran dan kemashalatan rakyat banyak.

Hal itu disampaikan Susanto Gani dalam sambutannya pada acara sosialisasi peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan profesionalisme di bidang penegakan hukum, di Aula Kodim 1425 Jeneponto, Rabu (12/10).

“Dengan kegiatan sosialisasi ini para Babinsa dapat meningkatkan SDM-nya termasuk di bidang penegakan hukum. Ini bertujuan agar para babinsa dapat mengedukasi warganya agar taat hukum,” kata Susanto.

Lanjut dikatakan, sosialisasi ini adalah tindak lanjut nota kesepahaman antara Kejagung dan TNI, yakni di bidang pendidikan dan pelatihan penegak hukum, pelatihan Intelijen dan pertukaran informasi intelijen, dukungan personel TNI dalam melaksanakan tugas kejaksaan dan koordinasi teknis dalam melaksanakan fungsi penegakan hukum.

Sementara itu, Kasi Pidum Kejari Jeneponto Hary Surachman dalam materinya mengatakan, pelibatan TNI bukan hal yang baru bagi kejaksaan. Selama ini TNI sudah banyak membantu kejaksaan dalam pengamanan personel hingga materil agar situasi kondusif dalam penegakan hukum.

“Sehingga penegakan hukum terhindar dari gangguan dan hambatan,” kata mantan Kasi Pidsus Kejari Sinjai tersebut.

Hary menyatakan bahwa kerjasama dengan kejaksaan dapat mendukung visi TNI untuk memertahankan wilayah NKRI serta menangkal ancaman militer dan ancaman pihak manapun. Apalagi, Kejaksaan dan TNI masing-masing memiliki intelijen sehingga bisa mendukung kinerja masing-masing agar lebih efektif.

“Kejaksaan memiliki tugas mengendalikan kebijakan penegakan hukum dan keadilan untuk melaksanakan tugasnya termasuk dalam mengawal Alokasi Dana Desa dan Dana Desa,” ujar dia.

“Oleh karena itu dipandang perlu melaksanakan kerjasama antara jajaran Kejaksaan dan TNI dalam hal ini babinsa dalam penguatan SDM untuk pendidikan dan latihan serta pemanfaatan fasilitas dan sosialisasi dalam rangka optimalisasi penegakan hukum,” tambah Hary Surachman.

Sementara itu, Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf Gustiawan Ferdianto dalam sambutannya berharap para Babinsa dapat melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat dan aparat desa untuk memberikan pemahaman taat hukum.

“Namun saya harap para Babinsa ini jangan menakut-nakuti kepada warga maupun aparat desa terkait penegakan hukum ini, tapi lakukanlah pendekatan secara persuasif agar mereka taat hukum dan kawal pembangunan yang ada di desa,” kata Gustiawan.

Reporter: Abd Gaffar
Editor: Sukma Paramita

The post Kejari Ajak Para Babinsa Kawal Penggunaan Dana Desa di Jeneponto appeared first on Simpul Rakyat.

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-8551527721222213" data-ad-slot="4052704817">

Related posts

Mayat Wanita Ditemukan Tewas dalam Sumur Tua di Gowa, Ini Identitasnya

Kunjungi Lokasi Kebakaran, Plt Gubernur Sulsel Pastikan Kebutuhan Korban Terpenuhi

Alasan Mahasiswi Makassar Getol Demo Tolak Omnibus Law hingga Malam