Kabar Gembira Bagi Honorer Sulsel, Akhir Tahun 2020 Terima SK PPPK

  • Whatsapp

lintassulawesi.com – Kabar gembira untuk pegawai honorer di Sulawesi Selatan.

Program pemerintah yakni PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) yang mereka dambakan tak lama lagi terwujud.

Menurut Kabid Pengangkatan dan Pensiun BKN Regional IV Makassar, Ahmad Syauki, PPPK ini digadang-gadang bakal terwujud diakhir tahun 2020, seiring dengan proses rekrutmen CPNS umum tahun 2019.

“Kemungkinan besar honorer yang diusul masuk ke program PPPK sudah menerima SK-nya di akhir tahun ini. Ya boleh jadi SK mereka bersamaan dengan CPNS umum yang saat ini sedang memasuki tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB),” ujar Ahmad, Rabu (7/10/2020).

Menurut dia, pengangkatan PPPK ini berdasarkan peraturan Permenpan no 2 tahun 2019.

“Tenaga honorer yang diprioritaskan masuk dalam program ini hanya formasi pendidikan, kesehatan, dan pertanian. Sementara formasi umum menunggu juknis pusat,” ujarnya.

Sementara untuk hak-hak (gaji) mereka itu telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.98/2020 tentang Gaji dan Tunjangan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dalam Perpres yang diteken pada 28 September itu, disebutkan besaran gaji didasarkan golongan dan masa kerja.

Sementara, untuk tunjangan, PPPK akan diberi tunjangan sesuai dengan tunjangan pegawai negeri sipil pada Instansi Pemerintah tempat PPPK bekerja.

Tunjangan terdiri atas, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural, tunjangan jabatan fungsional, atau tunjangan lainnya.

Untuk anggaran gaji dan tunjangan bagi PPPK yang bekerja di Instansi Pusat dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Sementara gaji dan tunjangan bagi PPPK yang bekerja di Instansi daerah dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Sementara itu, Kasi Pengangkatan ASN BKN Regional IV Makassar Sahman mengatakan saat ini pihaknya mulai melakukan pendataan di seluruh kabupaten kota yang ada di Sulsel terkait program PPPK ini.

“Kita masih lakukan pendataan,” ujarnya.

Karena masih proses pendataan, pihaknya mengaku belum bisa mempublikasikan secara detail jumlah yang masuk PPPK.

Namun kisaran data yang ada saat ini, tercatat sudah lebih seribu orang yang diusul untuk masuk sebagai PPPK.

“Dari seluruh daerah, kabupaten Watampone yang mendominasi,” ujarnya.


Sumber :  https://makassar.tribunnews.com/2020/10/07/kabar-gembira-bagi-honorer-sulsel-akhir-tahun-2020-terima-sk-pppk?page=2.

Pos terkait