Hentikan Kasus Dugaan Pelanggaran Kampanye, Bawaslu Malah Bungkam

  • Whatsapp

lintassulawesi.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Selayar mengeluarkan Surat Keputusan terkait penghentian penanganan kasus dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh salah satu calon Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Aji Sumarno.

Dugaan pelanggaran Pidana yang dilakukan Aji Sumarno tersebut adalah adanya video amatir yang beredar tentang pernyataan Calon Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Aji Sumarno yang bernada tuduhan dan provokatif.

Dalam video tersebut, Aji Sumarno mengungkapkan bahwa kegagalan caleg PKB dan PKS pada Pemilu 2019, daerah pemilihan Pasimarannu dan Pasilambena, Kepulauan Selayar disebabkan karena adanya oknum dan adanya istilah caleg impor.

Dalam video itu, Aji Sumarno tidak disebutkan siapa oknum yang dimaksud, namun Aji Sumarno secara terang-terangan menyebut nama Devi Zulkifli yang sekarang menjabat sebagai Anggota DPRD Kepulauan Selayar, Fraksi Partai Golkar sebagai caleg impor.

Karena adanya pihak yang keberatan dengan isi video tersebut, kasus ini dilimpahkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Selayar, atas nama terlapor Aji Sumarno dan pelapor Andi Abri.

Kasus yang telah bergulir di sentra Gakkumdu Bawaslu Kepulauan Selayar akhirnya menuai putusan (Pemberitahuan tentang status laporan), dalam SK yang dikeluarkan Bawaslu Kepulauan Selayar tertanggal 18 November 2020.

Dalam putusan tersebut, termuat bahwa status laporan yang telah bergulir di Sentra Gakkumdu Bawaslu Kepulauan Selayar telah “Dihentikan” dengan dalih tidak memenuhi unsur Pasal 69 huruf (b) dan (c) Undang – Undang Nomor 8/2015 jo. Pasal 187 ayat (2) Undang – Undang 1/2015.

Namun, putusan yang telah dikeluarkan oleh pihak Bawaslu Kepulauan Selayar dinilai masyarakat tidak memenuhi unsur pengawasan pemilu.

Saat kasus tersebut bergulir, Aji Sumarno selaku terlapor tidak pernah sama sekali memenuhi panggilan dari Bawaslu Kepulauan Selayar untuk diminta keterangannya mengenai kasus tersebut.

Belum ada keterangan yang diberikan oleh pihak Bawaslu hingga berita ini diterbitkan.

Selayarnews.com masih mencoba melakukan komunikasi dan belum mendapat jawaban

Sumber : https://selayarnews.com/20/11/2020/hentikan-kasus-dugaan-pelanggaran-kampanye-bawaslu-malah-bungkam/

Pos terkait