LINTAS SULAWESI
Berita

Hari Ini, Nurdin Abdullah Dijadwalkan Lantik Irwan Bachri Syam Sebagai Plt Bupati Luwu Timur

lintassulawesi.com – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, akan melantik Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syams, sebagai Pelaksana Tugas Bupati Luwu Timur. Hal ini untuk menggantikan Bupati Luwu Timur, Muhammad Thorig Husler yang telah meninggal beberapa waktu lalu.

Pelantikan dilakukan setelah Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah diterima oleh Gubernur Sulsel pada hari ini, Rabu (10/2/2021). Sehingga, menurutnya tidak perlu lagi menunggu lama ketika SK sudah ada.

Orang nomor satu Sulsel tersebut mengungkapkan bahwa ia masih menunggu SK untuk pelantikan Bupati/Walikota terpilih pada Pilkada 2020. Karena hingga saat ini, Kemendagri masih memproses surat yang masuk. Apalagi bukan hanya Sulsel yang dilayani. Terdapat 170 Kepala Daerah Kabupaten/Kota termasuk provinsi dilayani untuk pelantikan.

“Belum. Jadi gini, saya ingin sampaikan semua usulan yang sampai ke gubernur, tidak sampai dua hari selesai saya tandatangan, Asisten I bawa ke Jakarta. Kita paling cepat. Disana sudah, pokoknya 170 yang lagi diproses,” tegas Nurdin.

Lebih lanjut, Nurdin Abdullah berharap agar semua pihak dapat bersabar menunggu pelantikan. Meskipun kemungkinan terburuk terjadi, misalnya pelantikan harus tertunda, Sekretaris Daerah masing-masing kabupaten/kota akan menjabat sementara sebagai Pelaksana harian (Plh), kecuali Makassar yang sudah terlanjut dipegang Pj Walikota.

“Pj itu akan berakhir setelah dilantik pejabat terpilih. Jadi Pj itu setelah dilantik pejabat terpilih maka Pj berakhir,” imbuh Nurdin.

Sebagai informasi, Luwu Timur masuk diantara 5 Kabupaten di Sulsel yang telah menggugat Bupati dan Wakil Bupati terpilih di Mahkamah Konstitusi (MK). 4 kabupaten lainnya adalah Barru, Bulukumba, Pangkep dan Luwu Utara.

Pasangan calon Bupati Luwu Timur sebelumnya telah menggugat Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam hal ini Almarhum Muhammad Thorig Husler dan Budiman, dengan dasar adanya kecurangan yang terjadi.

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-8551527721222213" data-ad-slot="4052704817">

Related posts

Ratusan Personel Polres Palu Kawal Penetapan Calon Walikota di Kantor KPU

Momentum Naiknya Harga Minyak dan Lakukan Efisiensi, Hulu Migas Setor Rp136,8 Triliun Penerimaan Negara

Kejari Soppeng Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir