LINTAS SULAWESI
Berita

Harga Kebutuhan Pokok di Gowa Melonjak Jelang Natal dan Tahun Baru

lintassulawesi.com – Jelang perayaan natal dan tahun baru kebutuhan akan kebutuhan pokok kian meningkat, hal ini pun memicu terjadi lonjakan harga harga di Pasaran. Sebut saja Pasar Induk Minasamaupa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Gowa merilis harga sembako per 30 November 2020. Tercatat ada tiga jenis kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan, yakni Bawang Merah, Ayam broiler, dan Ikan Asin Teri.

“Ada beberapa yang mengalami kenaikan, contohnya Bawang Merah dari Rp25.000 per kilogram menjadi Rp32. 000 per kilogram. Ayam broiler dari Rp38.000 per ekor menjadi Rp48.000 per ekor, serta ikan asin teri dari Rp30. 000 per kilogram jadi Rp80.000 per kilogram,” urai Kepala Disperindag Gowa, Andi Sura Suaib, Jumat (4/12/2020).

Lanjut Andi Sura, untuk jenis sembako yang turun harga, dirinya menyebut ada beberapa item. Seperti cabai besar dari Rp35.000 menjadi Rp25.000 per kilogram. Begitupula dengan bawang putih dari Rp25.000 per kilogram menjadi Rp24.000 per kilogram. Kacang tanah dari Rp25.000 per kilogram menjadi Rp16.000 perkilogram.

Namun demikian, Andi Sura mengaku optimis jika kebutuhan pokok tetap terpenuhi jelang hari raya Natal dan Tahun baru.

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina mengatakan, sejumlah program guna memantau kebutuhan pokok secara berkala telah dirinya lakukan bersama tim.

“Kita telah lakukan pemantauan bahkan analisis harga pangan strategis, pengawasan dan pengambilan sampel kandungan makanan, pasar murah daging ayam dan olahan daging ayam oleh Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa,” kata Kamsina.

Pemerintah Kabupaten Gowa juga telah menggelar High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Gowa.

“Hal ini guna mewujudkan komunikasi yang efektif dalam pengendalian inflasi dan menjadi media interaktif bagi seluruh pihak untuk melakukan koordinasi dan kerjasama yang harmonis dalam upaya mewujudkan kestabilan inflasi di Kabupaten Gowa,” demikian Kamsina.

Sumber : http://makassartoday.com/2020/12/04/harga-kebutuhan-pokok-di-gowa-melonjak-jelang-natal-dan-tahun-baru/

Related posts

Janji Menikah Tak Ditepati, Wanita Ini Laporkan Oknum Brimob ke Provos

Rencana Penghapusan Premium, Sulsel Masih Aman

Resmi Dilaunching, Kapal KMP Takabonerate Akan Tiba Di Selayar Bulan Desember