LINTAS SULAWESI
Berita Daerah EKOBIS Headline Kabar Luwu

Hadir Mengawasi, APIP Pastikan Seleksi CPNS di Luwu Sesuai Aturan

Hadir Mengawasi, APIP Pastikan Seleksi CPNS di Luwu Sesuai Aturan

Lintassulawesi.com, Luwu – APIP Awasi pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK (P3K) yang digelar Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Luwu, di Aula Bappeda, pada Kamis (7/10) siang.

APIP adalah singkatan dari Aparat Pengawas Internal Pemerintah atau Pengawas internal pada institusi lain, merupakan unit organisasi di lingkungan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Kementerian Negara, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Departemen yang mempunyai tugas dan fungsi melakukan pengawasan dalam lingkup kewenangannya melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap  penyelenggaraan tugas  dan fungsi organisasi.

Kedatangan APIP untuk memastikan pelaksanaan ujian seleksi CPNS dan P3K yang digelar BKPSDM kabupaten Luwu berjalan sesuai regulasi yang ada, sehingga menutup kemungkinan terjadi kecurangan, seperti yang pernah terjadi di daerah lain pada tahun-tahun sebelumnya. Tugas APIP tersebut diperkuat dengan PP nomer 72 tahun 2019.

Irbanwil IV Inspektorat Kabupaten Luwu, Afif Hamka, S.IP, M.Si, saat ditemui di tempat nampak hadir bersama Inspektur kabupaten Luwu, bersama sekertaris Inspektorat kabupaten Luwu.

“Kami sebagai pengawas internal pemerintahan, untuk meastikan seluruh rangkaian seleksi CPNS, dari awal sampai ahir, berjalan sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku. Ini amanat undang-undang,” kata Afif di sela kegiatan.

“Ini semua tahapan sudah sesuai SOP. Memang kita awasi, kita memastikan sesuai regulasi, kita lihat ini sudah ketat sekali seleksinya, ini sudah berlapis,” tambahnya.

Sebanyak 1100 peserta ikut dalam sekelsi tersebut yang terbagi 86 Formasi khusus CPNS. Sementara untuk P3K non guru sebanyak 400 orang yang terbagi 50 formasi.

Sebelum memasuki ruangan ujian peserta melalui posko medis untuk menjalani screaning kesehatan dan memastikan protokol kesehatan kemudian diarahkan duduk di ruang tunggu, sembari menunggu giliran untuk tahap verifikasi. Verifikasi tersebut menggunakan teknologi Face Recognition.

Face Recognition merupakan fitur baru pada sistem seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Fitur Face Recognition ini digunakan sebagai validitas tambahan yang berguna untuk menghindari potensi terjadi perjokian saat pelaksaan Tes SKD CPNS.

Setelah melakukan registrasi, peserta diarahkan ke titik pemeriksaan. Satu-persatu peserta diperiksa. Benda-benda yang tidak berhubungan dengan tes, dilarang untuk digunakan.

Peserta yang telah diperiksa dan dianggap steril, diarahkan ke ruang steril untuk menunggu giliran tes.

Reporter: M Fatwa
Editor: Sukma Paramita

The post Hadir Mengawasi, APIP Pastikan Seleksi CPNS di Luwu Sesuai Aturan appeared first on Simpul Rakyat.

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-8551527721222213" data-ad-slot="4052704817">

Related posts

Cerita Prof Rudy Djamaluddin 8 Bulan Jabat Pj Walikota Makassar

Ini Tiga Contoh Olahraga yang Cocok untuk Lansia

Tawuran di Tengah Aksi di Makassar, Delapan Orang Ditangkap Aparat