LINTAS SULAWESI
Berita Daerah Kabar Pangkep

Forum K3 Sulsel Gelar Seminar Budaya dan Lingkungan Hidup Dalam Kondisi Global Pandemi  

Forum K3 Sulsel Gelar Seminar Budaya dan Lingkungan Hidup Dalam Kondisi Global Pandemi   

Lintassulawesi.com, Pangkep – Di dalam era industri dan society saat ini, setiap perusahaan harus meningkatkan perhatian terhadap pentingnya program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Lingkungan Hidup, sebab tidak saja mutlak bagi para karyawan tetapi juga penting bagi kelangsungan dan kemajuan perusahan terutama kondisi pandemi saat ini.

Dalam rangka mencapai tujuan dari program K3L, berbagai unsur dan sumber daya perlu digunakan, sehingga dalam penerapan K3L perlu ditata, dan diatur ke dalam suatu Sistem Manajemen K3L (SMK3L). Pelaksanaan Sistem Manajemen K3L adalah salah satu bentuk usaha untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat dan sejahtera, bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja (PAK), serta tidak memunculkan dampak pencemaran lingkungan hidup yang di akibatkan oleh aktiiftas perusahaan sehingga kepentingan semua stake holder dapat terpenuhi terutama pemerintah, costumer dan masyarakat untuk selalu dapat hidup sejahtera.

Forum K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Sulawesi Selatan, forum ini berdiri pada tanggal 28 Mei 2016 di kota Makassar. Kembali menggelar seminar dengan tajuk “INDONESIA BERBUDAYA K3 DAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM KONDISI GLOBAL PANDEMIC”
Ajakan untuk menjadikan K3 sebagai budaya dari elemen masyarakat, pemerhati K3, institusi pendidikan, aparat pemerintah serta pekerja sektor formal dan non formal, yang menjadi kekuatan terbentuknya organisasi ini.

Pada umumnya anggota forum ini berasal dari berbagai daerah di wilayah Sulawesi Selatan. sehingga cakupan organisasi ini diharapkan dapat mengakomodir seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, namun kami membuka keanggotaan dari seluruh Indonesia berharap mendapatkan informasi K3 dari berbagai pemerhati K3 di seluruh Indonesia.

Seminar yang akan di bawakan oleh narasumber Nisbah Isnaeny, (DPLH Prov. Sulsel) dengan materi Sosialisasi PP 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Giawan Lussa,  (Disnakertrans Prov. Sulsel) yang akan membawakan materi Peningkatan Sumber Daya Manusia dalam budaya K3 dan M. Ruslan Zulkarnain (CELEBESROPE) materinya Safe Rope Access and Confine Space, Rabu (6/10/2021).

Seminar bersertifikat Ini akan di gelar secara Luring dan daring Pada Kamis, 7 Oktober 2021 Pukul 09:00 – selesai. Kegiatan secara Luring bertempat di Aula Hotel Ibis Makassar. Dan secara Online melalui Aplikasi Zoom dan streaming Youtube dengan mengakses Website https://seminar.forumk3sulsel.com/

Sekjend FK3 Sul-Sel, Ir. Naim Hamid, menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di perusahaan ditengah pandemi. Mendukung kesadaran penerapan K3L yang berpengaruh terhadap nilai investasi, kualitas dan kuantitas produk .

“Meningkatkan koordinasi yang sinergis antara stakeholders di bidang K3L, antara lain pemerintah ,perusahaan, pekerja, khususnya dalam menghadapi situasi pandemi,” ucapnya.

“Kebijakan pemerintah diharapkan tidak hanya tentang penerapan protokol kesehatan. Akan tetapi pada protokol penyelamatan lingkungan hidup yang berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap penyakit,” lanjut Naim.

Melimpahnya sumberdaya alam di dalam negeri menjadi suatu berkah tersendiri bila pemerintah berani untuk mengeksplorasi lebih jauh manfaat dari sumberdaya alam yang dimiliki. Dalam kegiatan ini diharapkan semua perusahan yang hadir dapat bersinergi dan bertukar informasi terkait pelaksanaan K3L ditempat kerjanya masing-masing sehingga dapat bergerak bersama dengan “percepatan” saling meningkatkan dan segera beradaptasi dengan tuntutan kondisi global pandemic yang masih berlangsung.

 

Editor: Agus

The post Forum K3 Sulsel Gelar Seminar Budaya dan Lingkungan Hidup Dalam Kondisi Global Pandemi   appeared first on Simpul Rakyat.

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-8551527721222213" data-ad-slot="4052704817">

Related posts

Pria Mabuk di Makassar Coba Perkosa Pembantu dan Pukul Polisi saat Ditangkap

HIPMI Gelar Vaksinasi, Dihadiri Direksi Waskita Karya dan Dandim Kabupaten Bekasi

Avanza Berpenumpang 11 Orang Asal Palopo Laka Tunggal di Lutra, Satu Penumpang Meninggal Dunia