LINTAS SULAWESI
Berita EKOBIS Kabar Makassar Metro PENDIDIKAN

Fatma Sebut Daya Saing Tenaga Kerja Diperlukan Kerjasama Lintas Sektoral

Fatma Sebut Daya Saing Tenaga Kerja Diperlukan Kerjasama Lintas Sektoral

Lintassulawesi.com, Makassar – Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi menyebut untuk memperkuat daya saing tenaga kerja diperlukan kerja sama lintas sektoral baik di tingkat pusat, provinsi maupun di tingkat Kabupaten/Kota, sehingga kebijakan Skill Development Center (SDC) merupakan salah satu solusi dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan.

Hal itu disampaikan Fatmawati Rusdi saat membuka secara resmi acara Forum Grup Discussion (FGD) yang mengusung tema “peran dunia usaha dan industri dalam pemgembangan dunia usaha dan industri dalam pengembangan industri unggul menuju kota Makassar dua kali tambah baik”,  digelar Skill Development Center (SDC) Kota Makassar, Selasa (28/9).

“Permasalahan utama yang terjadi dalam dunia ketenagakerjaan kita adalah tidak terjadinya link and match dunia pendidikan dengan dunia industri dan permasalahan pelatihan yang tidak terstandarisasi,” kata Fatmawati Rusdi.

Lanjut dikatakan, SDC hadir sebagai solusi kolaborasi, koordinasi dan sinkronisasi yang melibatkan 4  unsur ABCG sebagai pelaku utama yakni unsur Academic atau lembaga pendidikan dan pelatihan, unsur Business atau dunia usaha dan industri, unsur Community dan unsur Government atau pemerintah daerah.

“Unsur inilah yang akan berkoordinasi mengatasi masalah utama ketenagakerjaan di daerah antara lain mismatch dalam penyiapan kompetensi tenaga kerja serta keterbatasan kapasitas pelatihan dan sertifikasi yang berdampak pada rendahnya daya saing dan tingginya angka pengangguran,” tambah dia.

Diketahui, program SDC dirancang untuk dapat melaksanakan lima fungsi yaitu: pelatihan, pemagangan, uji kompetensi, sertifikasi, dan penempatan angkatan kerja.

Reporter: M Arif
Editor: Sukma Paramita

The post Fatma Sebut Daya Saing Tenaga Kerja Diperlukan Kerjasama Lintas Sektoral appeared first on Simpul Rakyat.

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-8551527721222213" data-ad-slot="4052704817">

Related posts

Edarkan Sabu, Pasangan Suami Istri di Palopo Diringkus Polisi

Sudah Zona Hijau Covid-19, PSSI Luwu Timur Mau Gelar Liga Lutim

Nurdin Abdullah : Sulsel Sudah Keluar Dari Zona Merah Covid-19