LINTAS SULAWESI
Berita

Empat Kelurahan dan Dua Desa di Takalar Terendam Banjir

lintassulawesi.com – Empat Kelurahan yakni Patte’ne, Canrego, Pabundukang, dan Pappa di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan terendam banjir setelah beberapa hari dihantam hujan disertai petir, Selasa (22/12).

Selain empat Kelurahan, dua Desa juga terendam banjir. H Nasir Rahman, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Takalar saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa banjir tersebut. 

“Iya, Empat Kelurahan yakni Pattene, Canrego, Pabundukang, dan Kelurahan Pappa, dan Dua Desa yakni Desa Lantang dan Desa Moncongkomba,” kata Nasir saat dikonfirmasi KabarMakassar.com. 

Banjir yang melanda ini terjadi pada pukul 22.00 Wita hingga 12.38 dinihari. Akibat intensitas hujan tinggi disertai angin kencang mengakibatkan air sungai meluap di beberapa titik.

Sementara banjir yang melanda pemukiman warga desa Lantang itu nyaris sampai ke atas papan rumah panggung milik warga. Ketinggian banjir itu diperkirakan 1,5 meter. 

“Ketinggian kurang lebih 1,5 meter genangan air diakibatkan saluran irigasi tersumbat,” tambah Nasir. 

Saat ini pihaknya masih melakukan asesmen (pendataan). BPBD Takalar masih menerjunkan personil sebanyak 26 orang.

“Personil 26 orang, personil ini di beberapa titik wilayah banjir,” tutur Kepala BPBD Takalar.

Meski empat kelurahan dan dua desa yang terendam banjir. Pihak BPBD belum bisa memberikan keterangan pasti berapa banyak rumah warga yang terdampak.

Selain itu, Nasir juga mengatakan bahwa sejauh ini belum ada warga yang dievakuasi.

Ia meminta kepada seluruh masyarakat untuk menyampaikan kepada pihak SAR atau BPBD di lokasi untuk melaporkan jika nanti ada yang kesulitan atau menginginkan bantuan.

“Blum bisa kami data brp KK (Kepala Keluarga). Belum (proses evakuasi) ini masih dalam pemantauan dan kami siap lakukan semaksimal mungkin bersama relawan. Tetap kami stay (bersiap siaga) menerima informasi jika warga ada yang melapor untuk ditangani,” imbuh dia.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa  banjir. Status saat ini masuk dalam kategori kuning atau waspada. Pihaknya masih berupaya bersama dengan unsur relawan lainnya melakukan pendataan korban banjir.

Sumber : https://www.kabarmakassar.com/posts/view/12804/empat-kelurahan-dan-dua-desa-di-takalar-terendam-banjir.html

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-8551527721222213" data-ad-slot="4052704817">

Related posts

Sah! Budiman Hakim dan Indah Putri Indriani Nahkodai Daerahnya, Begini Pesan Gubernur Sulsel Saat Pelantikan

PT Semen Tonasa Bantu Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Walenrang dan Lamasi

Bupati Soppeng Hadiri Pelapasan Jenazah Almarhum H.Zaenal Abidin Jodding