LINTAS SULAWESI
Berita Daerah EKOBIS Kabar Gowa Kabar Makassar Regional

DPP LIMIT Yakin Bupati Gowa Mampu Atasi Masalah Petani Patuku

DPP LIMIT Yakin Bupati Gowa Mampu Atasi Masalah Petani Patuku

Lintassulawesi.com, Makassar – Untuk menjaga kelangsungan fungsi pokok hutan dan kondisi hutan, dilakukan upaya rehabilitasi dan reklamasi hutan yang dimaksudkan untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan sehingga daya dukung, produktivitas, dan peranannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan tetap terjaga, dan hal itu dipastikan Bupati Gowa sangat peduli, konsen dan mampu mengatasi masalah yang dialami petani Patuku.

Hal itu dikatakan Ketua Devisi (Kadiv) Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Energy DPP-LIMIT, Arnas N lewat keterangan tertulisnya ke media ini di Makassar, Selasa (12/10).

“Apalagi kita ketahui, dalam Peraturan Pemerintah No 76 Tahun 2008 tentang Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan pasal 52 dan Pasal 53, sangat  jelas dan tegas atas tanggung jawab, selain peran serta masyarakat yang dapat menyampaikan informasi atas permasalahan yang dialami oleh warga Patuku, juga merupakan bagian dari kewenangan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gowa untuk  melakukan pembinaan, pengendalian dan pengawasan,” kata Arnas N.

Selain dari itu, ujar Arnas, Menteri pun bedasarkan kewenangannya, wajib untuk menjamin tertibnya penyelenggaraan rehabilitasi dan reklamasi hutan, berdasarkan kewenangannya  untuk melakukan pembinaan, pengendalian, dan pengawasan terhadap kebijakan gubernur dan bupati atau wali kota.

“Jadi permasalahan Patuku ini saya kira Bupati Gowa akan mengambil langkah tegas dan sekaligus mampu melindungi masyarakat Patuku yang saat ini sedang berlindung di hutan guna menyelamatkan dirinya dari intimidasi dan rongrongan para preman yang telah merusak tanaman para Petani Patuku,” ujar dia.

“Saya berharap, teman-teman NGO (Non-Governmental Organization) dapat bersabar. Sebab, terakhir informasi yang di peroleh DPP-LIMIT, bahwa pihak Polres Gowa sudah mempersiapkan tim khusus yang akan meninjau lokasi patuku. Apalagi Dusun patuku itu sangat Jauh, dan Perjalanannya-pun sangat menantang bagi setiap pengendara yang ingin ke lokasi tersebut,” tutup Arnas.

Laporan: MBR
Editor: Sukma Paramita

The post DPP LIMIT Yakin Bupati Gowa Mampu Atasi Masalah Petani Patuku appeared first on Simpul Rakyat.

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-8551527721222213" data-ad-slot="4052704817">

Related posts

Rumah Kontrakan Penulis Muda Sinjai Ini Dibobol Maling, Perhiasan Koleksinya Raib

Tingkatkan Penerapan Program P2L, Anggota Brimob Bone Ikuti Pelatihannya di Kodim 1407 Bone

Kabar Gembira! Kemenkes Akhirnya Resmi Turunkan Harga Swab RT-PCR