LINTAS SULAWESI
SULAWESI

Dishub Selayar, Buka Pendidikan Geratis Untuk Mendapatkan Surat Kecakapan Pelaut dan Buku Pelaut

Lintassulawesi.com – Dalam waktu dekat ini tepatnya pada 27 Pebruari 2020, Dinas Perhubungan menggandeng Politekhnik Pelayaran Makassar.

Melaksanakan pendidikan dan pelatihan kepelautan Basic Safety Training (BST) dan Surat Kecakapan Kepelautan 60 Mil (SKK 60 Mil) secara gratis, Pendidikan gratis ini dibuka secara luas kepada masyarakat untuk mengikutinya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. H. Odding Karim MH kepada saat di temui Media ini, di Kantor Dinas Perhubungan usai melaksanakan apel membenarkan

“Bahwa Pendidikan Gratis untuk mendapatkan surat kecakapan pelaut dan buku pelaut akan dilaksanakan di Selayar pada 27 Pebruari mendatang.

“kesempatan ini seyogyanya dimanfaatkan oleh masyarakat Selayar, khususnya yang pelaut untuk mengikutinya, jelas H. Odding.

“Ini merupakan bukti nyata insan perhubungan, sesuatu yang memang menyentuh langsung ke masyarakat, kami sangat mengapresiasi terhadap Politekhnik Pelayaran Makassar

“Mengingat pendidikan dan pelatihan ini sangat penting dan sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat kita khususnya para pemuda dan nelayan, ungkapnya.

“Di Kepulauan Selayar para nelayan masih banyak yang kurang paham tentang bagaimana keselamatan berlayar, bagaimana aturan yang ada di laut, serta bagaimana dia itu bisa berlayar secara aman dan nyaman.

“Maka disini tentu saja akan memberikan pembelajaran, pengajaran juga pengetahuan kepada masyarakat, kepada nelayan dan pelayar atau pelaut agar dipergunakan nantinya,” ucapnya. Kadis Perhubungan Selayar.

Sementara itu, sebelumnya, Kabid Perhubungan Laut, Andi Caco Amras, menyebut bahwa kegiatan seperti ini telah beberapa kali dibuka di Selayar, namun karena pentingnya melengkapi para pelaut kita dengan kelengkapan SKK 60 Mil dan BST atau buku pelaut maka pendidikan gratis ini kita buka lagi, bersamaan dengan kesempatan Politeknik Pelayaran Makassar dapat diajak bekerjasama untuk pendidikan gratis bagi pelaut dan nelayan kita di Selayar. jelasnya.

“Kita sangat tertolong dengan adanya kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Politeknik Pelayaran Makassar, karena kalau mau ikut diklat di Jakarta jauh dan membutuhkan dana yang cukup besar, kita sangat berterimakasih dengan program pelatihan gratis ini,”

Catatan yang diterima dari panitia, jadwal pelaksanaan akan dibuka pada tanggal 27 Februari 2020 dengan kuota 200 orang Calon peserta harus memenuhi persyaratan sebagaimana terlampir dan tidak pernah memiliki sertifikat BST sebelumnya.

persyaratan peserta Diklat Keterampilan Dasar-Dasar Keselamatan (BST KLM) dan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 60 Mil

  1. Usia minimal 18 tahun (fotocopy Akta Kelahiran);
  2. Fotocopy KTP;
  3. Fotocopy Ijazah minimal SD/MI/Paket A;
  4. Pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar;
  5. Lulus pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Tim
    Dokter PIP Makassar;
  6. Berprofesi sebagai Nelayan.

Selengkapnya para calon peserta atau mereka yang berminat mengikuti program ini dapat menghubungi pantia di kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Selayar. Tutupnya

(Ucok Haidir)

Related posts

Cegah Covid-19, Lurah Paccinongang Menggandeng TNI – POLRI Satpol PP Melakukan Penyemprotan Disinfektan

BPPH PP Lutim Salurkan Bantuan Di Kabupaten Jeneponto

Untuk Memutus Penyebaran Covid-19, Sat Lantas Polres Toraja Utara Lakukan Ini

error: Mauki Apa Ces