LINTAS SULAWESI
simalungun Terkini

Diduga Takut Dikonfirmasi Pj Kades Tanah Merah Hindari Wartawan.

 

Lintas sulawesi – Batu Bara.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.
Pasal 56 Dalam hal masa jabatan Kepala desa berhenti lebih dari satu tahun karena diberhentikan sebagaimana dimaksud dalam pasal 54 ayat (1) huruf a dan huruf b serta ayat (2) huruf b.huruf c. huruf d. huruf f dan huruf g,  Bupati Walikota mengangkat PNS dari Pemerintah daerah kabupaten kota sebagaimana pejabat kepala desa sampai terpilihnya kepala desa yang baru melalui hasil musyawarah desa.

Pasal 58 PNS yang diangkat sebagai Pejabat kepala desa sebagaimana dimaksud dalam pasal 55 pasal 56  dan pasal 57 ayat (3) palig sedikit harus memahami bidang kepemimpinan dan teknis pemerintahan pejabat kepala desa pada ayat (1) melaksanakan tugas,wewenang, dan kewajiban serta memperoleh hak yang sama dengan kepala desa.

Berdasarkan PP 43 tahun 2014 tentang pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa Fauzi PNS Kantor Camat Sei suka jabatan kasibag Program diangkat Pj kepala desa Tanah merah,  kecamatan Air putih, Kabupaten Batu Bara, provinsi Sumatera,  sebagai kepala desa seharusnya aktif dikantor desa untuk melayani masyarakatnya, Rabu (06/10/2021).

Fauzi Pj Kades Tanah Merah sudah hampir dua tahun lamanya menjabat sebagai Pj Kades menggantikan Pj Kades Mikhtar, yang menggantikan Kades Defenitif yang meninggal dunia.

Beberapa kali media Lintas sulawesi dan Tim datang kekantor Desa Tanah Merah, namun keberadaan Fauzi Pj Kades  Tanah Merah sulit ditemui dikantornya.

Saat dihubungi via sambungan selulernya di nomor 0813 6847 33xx, Fauzi mengatakan dirinya sedang berada dikantor camat Sei Suka.

Ketika akan ditemui dikantor Camat Sei Suka untuk dikonfirmasi, tapi Fauzi sudah tidak terlihat sama sekali batang hidungnya dan tidak dapat ditemui. Saat keberadaan Fauzi di tanyakan kepada salah seorang  Staf Camat,  fauzi sudah keluar, kata staf Camat.

Meski pesan padanya sudah disampaikan via layanan WhatsApp dan sukses terkirim, namun Fauzi terkesan enggan membalas.
Begitupun saat di hubungi via seluler, juga belum bersedia menjawab.

Terkesan Fauzi sengaja menghindar dan  enggan ditemui diduga karena takut dikonfirmasi terkait  harga satuan penerangan lampu jalan dan pengadaan Bibit pohon dan pembelian Becak bermotor  Anggaran Dana Desa / DD Tahun 2020, yang menelan anggaran ssngat besar untuk sepeda motor merk Honda jenis Revo.

Informasi yang berhasil dihimpun media ini, disebut – sebut harga PJU dan Bibit pohon terlalu mahal, begitupun dengan harga  becak bermotornya. Apakah sudah sesuai dengan Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 dan menjadi skala prioritas.

Padahal sesuai Undang – undang Nomor 6 tahun 2014 penggunaan Dana Desa terlebih dahulu di musyawarahkan bersama warga dan dikeluarkan Perdesnya sebelum akhirnya dilaksanakan.

Media Lintas sulawesi dan Tim masih berharap kepada Fauzi sebagai Pj kepala desa Tanah merah agar lain waktu dapat memberikan waktunya untuk dikonfirmasi/klarifikasi, terkait penggunaan DD tahun anggaran 2020, untuk menghindarkan timbulnya  dugaan – dugaan perihal pelanggaran Undang – Undang dan Hukum terkait penggunaan Dana Desa.

Hingga diterbitkannya berita ini Camat Sei Suka dan Kadis PMD Batu Bara juga belum dapat ditemui untuk dimintai tanggapan terkait Pj Kades Tanah Merah sulit ditemui dikantornya.

( Sahriani)

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-8551527721222213" data-ad-slot="4052704817">

Related posts

LSM GASAK Desak DPRD Kayong Utara Bentuk Team Khusus SDN 13 Sungai Kecil

Kapolsek dan Upika Gelar Upacara HUT RI ke – 76 di Halaman Kantor Camat Rimba Melintang.

Patroli Yustisi Tempat Wisata, Polsek Bagan Sinembah Pantau Kepatuhan Pengunjung.