LINTAS SULAWESI
Tak Berkategori

Cilacap Bakal Punya Pelabuhan Perikanan Bertaraf Internasional

 

Anggota DPR RI Sunarno

Radar Pos.com.Cilacap— Pemerintah berencana menjadikan Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap (PPSC) di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) sebagai pelabuhan perikanan bertaraf internasional.

Rencana pemerintah ini diungkapkan Anggota Komisi IV DPR, Sunarna, saat melakukan kunjungan kerja di Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap, Kamis (7/10/2021).

Pelabuhan Cilacap

Mantan Bupati Klaten itu mengaku sempat mendapat keluhan jika kondisi kolam di Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap sudah dangkal dan diharapkan bisa lebih baik lagi dan berkembang.
 “Tadi [ada informasi] akan dijadikan pelabuhan internasonal. Ini kebanggaan luar biasa untuk Cilacap,” kata Sunarna.

Sunarna pun meminta masyarakat memberikan dukungan penuh terhadap pemerintah yang akan menjadikan PPSC sebagai pelabuhan perikanan bertaraf internasional. Ia juga berharap, kedepan PPSC akan menjadi pelabuhan perikanan yang paling bagus di Indonesia.

“Karena ada dua [yang dibangun pelabuhan perikanan internasional]. Di sini [Cilacap] dan di Bitung Sulawesi Utara,” ujar politikus PDIP itu.

Sementara itu, terkait rencana pembangunan pelabuhan perikanan bertaraf internasional, Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Mansur, mengatakan ada beberapa lokasi pelabuhan perikanan di luar negeri yang akan dijadikan tolok ukur.
“Intinya, (pelabuhan) tidak lagi kotor, tidak lagi bau. Kalau bisa semua sudah terintegrasi, tersedia di dalam semua fasilitas,” katanya.

Ia mengatakan jika sebenarnya ada beberapa lokasi yang akan dijadikan sebagai pelabuhan perikanan bertaraf internasional. Akan tetapi, prioritasnya ada di Cilacap dan Bitung.
“Satu memang di utara (Bitung) yang lautnya masih potensial. Yang di selatan ini (Cilacap), Samudra Hindia ini sangat potensial sumber daya. Paling memungkinkan Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan kehadiran pelabuhan perikanan bertaraf internasional di Cilacap tidak mungkin berjalan sendiri karena dipastikan butuh instansi lain seperti dekat dengan pelabuhan umum maupun bandara termasuk transportasi lainnya.

Menurut dia, rencana pembangunan jalan tol di wilayah selatan Jateng akan sangat mendukung pembangunan pelabuhan perikanan bertaraf internasional tersebut.

“Kapal-kapal besar yang biasa beroperasi di laut lepas pasti akan datang ke Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap,” katanya.

Kepala PPSC, Imas Masriah, mengaku optimistis ketika PPSC telah dikembangkan menjadi pelabuhan perikanan bertaraf internasional, produksi perikanan semakin meningkat hingga dua kali lipat.
Menurut dia, luas kolam pelabuhan perikanan bertaraf internasional yang akan dibangun di Cilacap itu rencananya mencapai 30 hektare.

“Saat ini [luas kolam di PPSC 15 hektare, jadi dua kali lipat. Perluasaannya ke arah utara dari PPSC,

(R-01)
 

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-8551527721222213" data-ad-slot="4052704817">