LINTAS SULAWESI
NASIONAL

Arfandi Dorong Petani Di Gowa Sistim Pertanian Hidroponik

Gowa-lintassulawesi.com-Dimasa pandemi covid 19 butuh gagasan untuk menciptakan petani yang kreatif seperti petani minenial dengan sistim pertanian hidroponik.

Arfandi sebagai petani di era Melenial melalui awak media mengatakan bahwa menjadi petani di era milenial ini menjadi sebuah tantangan baginya dan petani sistem hidroponik mampu membawa petani untuk menghasilkan petani yang kreatif,” ucapnya.

“seorang petani dengan sistem pertanian hidroponik adalah sistim budidaya menanam tanpa menggunakan tanah yang hanya menggunakan air untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi terbukti hasil panennya,”terang Arfank. 7/10/21

Melalui sistem pertanian modern hidroponik dengan metode greenhouse (rumah kaca), Arfank mampu mendulang hasil rupiah tanpa harus berkotor-kotoran.

Lanjut Arfan,pemilihannya terhadap Metode greenhouse merupakan suatu langkah tepat baginya,Sistem greenhouse dikatakan merupakan suatu kebutuhan penting guna meningkatkan produktivitas atas hasil pertanian, terutama pada budidaya tanaman sistem hidroponik.

Adapun metode pelaksanaaan tanaman hidroponik yakni Sistem rumah kaca memiliki fungsi utama antara lain mengatur intensitas sinar matahari terhadap tanaman, pengairan, kelembaban, dan suhu udara”jelas Arfank pemilik usaha Tirta Tani Farm. Unit usaha yang bertempat di Jalan Baso Dg Ngawing Kelurahan Tetebatu Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

perjalanannya membangun usaha pertanian hidroponik tidak terwujud semudah membalik telapak tangan Prosesnya melalui pemikiran panjang dan cukup menguras tenaga dimana saat ini lahan pertanian ada berbagai macam tanaman hidroponik, antara lain pakcoy, selada, daun bawang kecil, dan kale. Selain itu sekarang Tirta Tani farm juga telah menjadi salah satu tempat edukasi bagi mahasiswa dan pelajar yang bergelut di bidang pertanian.

Laporan : red

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-8551527721222213" data-ad-slot="4052704817">

Related posts

Coach Jurnalistik SMAK Makassar Dipuji

Cegah Penyebaran Covid 19,Lapas Parigi bagikan masker dan paket multivitamin”

Giliran Pengunjung Tempat Wisata Jadi Target Koramil 0820/09 Lumbang Mensosialisasikan Penyebaran Covid-19