LINTAS SULAWESI
simalungun Terkini

Anggaran Perawatan Puluhan Hektar TBM Kelapa Sawit Terlantar PTPN IV Unit Bah Jambi Dipertanyakan.

Anggaran Perawatan Puluhan Hektar TBM Kelapa Sawit Terlantar PTPN IV Unit Bah Jambi Dipertanyakan.

 

Lintas sulawesi – Simalungun.

Puluhan Hektar areal tanaman belum menghasilkan (TBM) kelapa sawit PTPN lV Unit Kebun Bah Jambi, kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, Provinsi Sumatera Utara, diduga sengaja di telantarkan oleh Managemen PTPPN IV Unit Bah Jambi.

Pantauan Lintas sulawesi dan Tim dilokasi Afdeling  3 Unit Bah Jambi,  Sabtu (19/09/2021) terlihat disekitar (piringan) TBM kelapa sawit ditutupi dengan berbagai gulma, seperti rumput, jenis lompong menjalar serta anak kayu – kayuan, seperti sengaja tidak dilakukan perawatan, beberapa TBM kelapa sawit  tampak tumbuh Kerdil tidak dirawat.

Tanaman Belum Menghasilkan kelapa sawit di usia tanam seperti ini seharusnya dilakukan perawatan se dini dan sebaik mungkin, sehingga kedepannya nanti  diharapkan Produktif dan menghasilkan produksi tinggi kelapa sawit.

Sangat diperlukan berbagai perawatan agar TBM kelapa sawit dapat tumbuh dengan baik. Selain pemupukan, chamish pada pasar panen, piringan, dan dongkel kayu – kayuan, juga diperlukan perawatan  melakukan Sensus terhadap pertumbuhan pohon kelapa sawit, untuk dilakukan penyisipan  tanaman yang rusak dan mencegah berkembang hama kumbang pada pohon dan ulat pada daun kelapa sawit.

Namun,  Analisa yang dilakukan awak media Lintas sulawesi dan Tim, hal tersebut belum sepenuhnya dilakukan Managemen Perkebunan Unit Bah Jambi. Perawatan TBM kelapa sawit  diareal afdeling 3 Unit Bah Jambi terkesan telah diabaikan. Padahal,  PTPN IV pusat telah menggelontorkan anggaran yang besar untuk perawatan dan pemeliharaan puluhan hektar TBM diareal afdeling 3, PTPN IV Unit Bah Jambi.

Hingga berita ini diterbitkan Redaksi Lintas sulawesi, Maneger Unit Bah Jambi Edi Arianto dan General Manager (GM) distrik 1 Jimmy Silalahi serta Kepala Bagian (Kabag)  Tanaman  PTPN lV Mazriefnal Muaz belum dapat  di konfirmasi.

(Sahriani)

Related posts

*Warga Kayong Utara Antusias Ikuti Vaksinasi di Puskesmas Siduk*

Luar Biasa !! Polsek Kubu Sigap Atasi Banjir, Bahkan Gunakan Mobil Patroli.

Bhabinkamtibmas Polsek Rimba Melintang Sambangi Warganya Melalui DDS.

error: Mauki Apa Ces