LINTAS SULAWESI
CPNS

Alhamdulillah ! Kemendikbudristek Mudahkan Guru Honorer Hadapi Seleksi PPPK, Simak Pernyataanya

Alhamdulillah ! Kemendikbudristek Mudahkan Guru Honorer Hadapi Seleksi PPPK, Simak Pernyataanya

Belajardirumah.org – Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan pihaknya telah memberikan fasilitas pembelajaran bagi guru honorer yang mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Terdapat sejumlah program yang disediakan Kemendikbudristek untuk membantu para guru honorer.

“Kami memiliki program Guru Belajar dan Guru Berbagi khusus seri belajar mandiri guru ASN PPPK. Bapak ibu bisa memanfaatkan program ini agar bisa mempersiapkan diri mengikuti seleksinya kembali,” ujar Nadiem melalui keterangan tertulis, Selasa (14/9/2021).

“Program ini bertujuan untuk memberikan fasilitasi kepada calon pendaftar ASN PPPK yang terdiri dari materi, perangkat, latihan soal, community learning serta try out,” tambah Nadiem.

Sementara itu, bagi para peserta yang belum lulus, Mendikbudristek mengingatkan bahwa peserta diberikan kesempatan untuk mengikuti tes sebanyak tiga kali.

Nadiem mengatakan pemerintah memberikan nilai afirmasi sebesar 15 persen sebagai bentuk penghargaan kepada para guru honorer yang usianya di atas 35 tahun.

Menurut Nadiem, nilai afirmasi ini diberikan karena mereka telah mengabdi sebagai guru selama bertahun-tahun.

“Dengan adanya program ini, pemerintah membantu bapak ibu guru honorer yang telah mengabdi di sekolahnya selama bertahun-tahun dan sudah melewati batas usia persyaratan ujian seleksi CPNS,” tutur Nadiem.

Seleksi guru ASN PPPK, menurut Nadiem, merupakan bagian dari upaya menyediakan kesempatan yang adil dan bersih, demokratis terhadap guru honorer yang memiliki kompetensi baik.

Terkait mekanisme pelaksanaanya, peran kementerian/lembaga dalam seleksi PPPK diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PANRB) Nomor 28 Tahun 2021, tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2021.

Dalam peraturan tersebut, mekanismenya sudah diatur termasuk Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) pengadaan ASN yang diketuai oleh Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Tujuan adanya Panselnas adalah menjamin objektivitas pengadaan ASN PPPK. Dalam pengadaan ASN PPPK, ujian kompetensi menjadi wewenang Kemendikbudristek.

sumber ; m.tribunnews.com

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-8551527721222213" data-ad-slot="4052704817">

Related posts

SILAHKAN Catat! Inilah Daftar Instansi yang Buka Formasi CPNS 2021 Lulusan SMA/SMK Sederajat

Jangan Sampai Terlambat! Cek Nama Peserta Lokasi Tes PPPK Guru 2021 Tahap I, II dan III Seluruh Indonesia Lengkap dengan Jadwal Tes

AKHIRNYA Mendikbud Nadiem Berikan BONUS Nilai PPPK 2021, Berikut Kriteria Afirmasi Yang Perlu GURU Catat!