LINTAS SULAWESI

Aksi Demo Puluhan Aktivis Dan Wartawan Mendasak Kejari Buton, Sadli di Bebasakan

Lintassulawesi.com – Bentuk solidaritas Sejumlah aktivis dan jurnalis dari beberapa kabupaten di wilayah Sulawesi Tenggara melakukan aksi demontrasi di depan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Buton dan Pengadilan Negeri Pasarwajo, Rabu (12/2/2020).

Kontributor Elshinta, La Ode Ali melaporkan, dalam aksinya, mereka meminta PN Pasarwajo untuk membebaskan M Sadli Saleh yang saat ini kasusnya sementara berjalan di PN Pasarwajo atas dugaan pencemaran nama baik terhadap Pemda Buton Tengah (Buteng) yang dimuat pada media online Liputanpersada.com beberapa bulan lalu karena dinilai cacat hukum.

Koordinator lapangan, La Munawir mengatakan, kasus yang menimpa Sadli saat ini merupakan bentuk kriminalisasi terhadap jurnalis. Seharusnya, kata dia, pemberitaan yang dimuat Sadli di bawa ke Dewan Pers. “Harusnya Sadli diproses di Dewan Pers, bukan di PN karena Sadli merupakan wartawan,” kata dia dalam orasinya.

Senada dengan aktivis lainnya, Asis Diy mengatakan, sesuai dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang Yudisial Review Nomor 31 Pasal 319 tahun 2015 dinyatakan bahwa pejabat negara yang merasa dicemarkan nama baiknya harus melaporkan hal tersebut secara pribadi, tidak boleh menggunakan fasilitas negara, karena masuk sebagai delik aduan.

“Dalam MoU ditegaskan, apabila ada aduan terkait pemberitaan harus melewati prosedur yang ada, yakni melakukan hak jawab, hak koreksi, mengadu ke Dewan Pers dan menyelesaikan secara perdata, oleh karena itu ia menilai kasus ini harus dihentikan karena cacat hukum mulai dari awal,” tegasnya.

“Menanggapi hal itu, Humas PN Pasarwajo, Basrin SH mengatakan, pihaknya akan mempertimbangan aspirasi yang disampaikan massa aksi.

Ia juga sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan para pendemo untuk mengawal proses hukum yang saat ini sementara berlangsung. “Kami juga meminta untuk tetap mempercayai para Hakim PN Pasarwajo.

“Oleh karena itu ia akan mempertimbangkan nantinya putusan jika nanti prosesnya sudah selesai,” katanya saat menemui massa aksi di Depan Kantor PN Pasarwajo.

(Akbar)

Related posts

Mempererat Kemitraan, Humas Dpp SEKAT-RI Menyambangi DPRD Konawe

BARA JP: NA Mampu Menangkan Pasangan Jokowi Ma’ruf

error: Mauki Apa Ces